Pesan2

KONSULTASI DAN PENGOBATAN PENYAKIT OLEH TABIB-AMPUH :

Cara menyembuhkan sakitku!

SMS kan masalah anda dan segera konsultasikan dengan kami TABIB-AMPUH, Kirim pulsa 20 ribu kepada no. hp. 0821.3091.0161 untuk membalas konsultasi masalah anda, MOHON MAAF PULSA 20 RB HANYA UNTUK MENJAWAB 2 KALI MAKSIMAL PERTANYAAN PERMASALAHAN ANDA. TERIMAKASIH!
Nama Panggilan:
Email:
 
tabib-ampuh

Senin, 23 Februari 2009

Tanaman Brotowali Untuk Obat Diabetes


4. Tanaman Brotowali Untuk Obat Diabetes.

Nama ilmiah tanaman Brotowali adalah Tinospora Crispa L. Miers, sedangkan nama di daerah lainnya antara lain : Batrawali ( Sunda ) atau Brotowali ( jawa ).

Uraian Tanaman :
Tanaman Brotowali / Batrawali ini tumbuh subur dan liar dihutan dan diladang, namun kebanyakan sekarang sengaja ditanam orang sebagai bahan tanaman obat. Brotowali termasuk pada tanaman perdu yang menyukai tempat panas, tumbuh memanjat / merambat dengan tinggi bisa mencapai 2,5 meter.

Bentuk daun, batang, bunga dan Perbanyakan Tanaman
Daunnya tunggal, bertangkai, bentuk seperti jantung atau bundar telur berujung lancip dengan panjang 7 – 12 cm, dan lebar 5 -10 cm. Batangnya sebesar kelingking, dan terlihat berbintil-bintil rapat sedangkan rasanya sangat pahit sekali Bunganya kecil-kecil berwarna hijau muda berbentuk tandan semu. Pernbanyakkan tanaman bisa dengan cara stek.

Komposisi Kimia Tanaman Brotowali :
Antara lain mengandung Alkaloid, Damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, pikroretin, harsa, berberin, dan palmatin, akar mengandung alkaloid berberin dan kolumbin.

Beberapa Khasiat Tanaman Borotowali, antara lain :
1. Untuk Obat Rheumatik dan Demam Kuning ( Icteric ): Ambil Satu jari batang Brotowali sekitar 20 cm dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas setelah dingin disaring dan diminum. Minum 3 x ½ gelas sehari bisa ditambahkan madu secukupnya.
2. Untuk Kencing Manis : potong-potong sekitar 10 cm batang brotowali kemudian ditambah dengan ½ genggam daun sambiloto dan ½ gengam daun kumis kucing, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, minum setelah makan, sehari 2 x 1 gelas.
3. Untuk Kudis ( scabies ) : Ambil tiga jari batang Brotowali, kemudian ambil Belerang sebesar kemiri, keduanya dicampur dicuci dan ditumbuk selanjutnya campurkan dengan dengan minyak kelapa yang sudah dipanasi secukupnya diremas dan lumatkan pada kulit yang terkena kudis 2 X sehari.
4. Untuk Obat Luka : Daun Brotowali ditumbuk halus dan dibalurkan pada luka ( ganti 2 x sehari ) untuk mencuci luka, pakailah rebusan batang Brotowali.

Demikian beberapa khasiat dari tanaman Brotowali, yang bisa secara mudah kita dapatkan dilingkungan sekitar kita, atau kalau tak dijumpai juga bisa kita beli dipasar-pasar tradisonal terdekat. Mudah-mudahan bisa bermanfaat . Pemiwan.


1 komentar:

  1. 43tanaman,pembasmi penyakit diabetes,aku jadikan satu ternyata minum setengah bulan ,menormalkan gula satu bulan, minum satu bulan menormalkan,6bulan.selanjutnya sembuh total"permanen SMS:0896-7677-2251 hanya 75ribu,untuk setengah bulan(salapu.soleh@yahoo.com)

    BalasHapus