Pesan2

KONSULTASI DAN PENGOBATAN PENYAKIT OLEH TABIB-AMPUH :

Cara menyembuhkan sakitku!

SMS kan masalah anda dan segera konsultasikan dengan kami TABIB-AMPUH, Kirim pulsa 20 ribu kepada no. hp. 0821.3091.0161 untuk membalas konsultasi masalah anda, MOHON MAAF PULSA 20 RB HANYA UNTUK MENJAWAB 2 KALI MAKSIMAL PERTANYAAN PERMASALAHAN ANDA. TERIMAKASIH!
Nama Panggilan:
Email:
 
tabib-ampuh

Sabtu, 07 November 2009

Self Massage / Pijat Sendiri

Self Massage: Pijat Sehat di Saat Tepat

Tak punya waktu untuk pergi pijat padahal lelah luar biasa? Tenang, Anda bisa melakukan self massage .

Pijat memijat, sudah menjadi kebiasaan orang kita untuk melepas penat dengan memijat tubuh yang pegal. Sensasi nyaman dan relaks seketika mengganjar tubuh saat otot-otot yang dipijat mulai melemas. Tapi, tahukah Anda, bila sudah ada metode memijat badan sendiri yang lebih terarah dan efektif yaitu self massage .

“Massage ini memang bukan obat, tapi jalan pengobatan untuk diri sendiri,” demikian diungkapkan DR. Elelou C. Canoy (Hannah), AMD.,CMT., praktisi dan trainer self massage dari Anahata Wellness Center, Jakarta.

Massage yang bisa dipelajari dari kelas pelatihan berdurasi 3 jam ini, bisa menjadi solusi bagi Anda sekaligus keluarga. Selain dapat dipraktikkan untuk diri sendiri, self massage juga bisa diaplikasikan ke orang lain, bahkan aman untuk anak usia 7 tahun sekalipun.

Bakat Alami

Teknik memijat diri sendiri, sebenarnya dikembangkan dari kondisi alami manusia. “Self massage itu adalah bakat alami yang diberikan Tuhan dan sudah ada di dalam diri kita,” ujar Hannah.

Ya, tanpa kita sadari kita melakukan self massage dalam bentuk sederhana. Saat lelah karena terlalu lama di depan komputer, secara refleks kita akan memijat bagian belakang leher. Begitu pula setelah terlalu lama mengenakan sepatu high heels , secara refleks akan memijat bagian betis yang pegal. Agar lebih maksimal, dari bakat alami itu juga perlu diperbaiki teknik pijatannya agar mencapai efektivitas tertentu.
Manfaat Kesehatan

Melakukan pemijatan sendiri bisa dilakukan kapan saja, bahkan seharian penuh pun diperbolehkan. Sebagai upaya pengobatan yang tidak menggunakan alat apapun, self massage bisa dikatakan tanpa risiko meski dilakukan cukup sering.
Selain merelaksasi, self massage juga dikatakan dapat memberi manfaat kesehatan plus badan akan terasa enak hingga pada akhirnya memengaruhi pada kebiasaan yang lebih baik.

Beda dengan Dipijat

Mengapa memijat sendiri? Memijat sendiri sebenarnya lebih banyak kelebihan dibanding dipijat oleh terapis. Pertama, Anda bisa melakukannya kapanpun dibutuhkan. Ibaratnya seperti emergency kit yang bisa digunakan tanpa harus menunggu tukang pijat ataupun mendatangi pusat relaksasi.

Kedua, tekanan yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga mengurangi risiko cedera. Saat melakukan pijat, Anda tahu seberapa intensitas dan kuantitas yang harus dilakukan. Anda pun dapat mengontrol tekanan dan tidak perlu merasa kesakitan.

Durasi Bervariasi

Mengerjakan self massage memang tidak bisa sembarangan. Pemijatan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh misalnya, neck and head massage, lowerback massage, feed massage, finger massage hingga face massage .

Sedangkan lama pemijatan bisa berkisar mulai 10-20 menit hingga 30 menit-1 jam-an. Tergantung pada keras-lembut tekanan pemijatan hingga berat-ringan keluhan.Selain itu, self massage juga bisa dilakukan berdasarkan lokal area maupun badan secara keseluruhan. Terlebih bila dilakukan dengan menggunakan lotion favorit atau hot oil , biasanya akan lebih relaks dan menyeluruh.

Saat didera sakit kepala tegang maupun migran. Anda bisa menerapkan self massage untuk mengurangi nyerinya berikut caranya.

Step by Step Pijat Atasi Migrain

1. Pegang siku tangan kanan dengan telapak tangan kiri. Lalu telapak tangan kanan letakkan pada punggung kiri dan mulai memijat dengan hanya mengontraksi otot telapak tangan kanan. Lakukan untuk bagian yang sebaliknya.

2. Miringkan kepala ke arah kanan dan tahan dengan tangan kanan. Tarik nafas dan rasakan otot leher terkontraksi. Lakukan pula untuk sisi yang satunya.

3. Duduk tegak dan letakkan ujung jari pada tengah dahi. Tarik kedua ujung jari ke arah pelipis bersama-sama. Ulangi beberapa kali.

4. Letakkan ujung telunjuk pada pangkal alis di dekat pangkal hidung. Tekan dan tarik kedua telunjuk ke arah luar alis. Ulangi beberapa kali.

5. Tarik kedua tangan di atas dahi pada batas rambut. Pijat-pijat di bagian atas kepala. Ulangi beberapa kali.6. Tarik kedua tangan dari arah belakang telinga ke bagian belakang atas kepala. Pijat-pijat bagian atas belakang kepala. Ulangi beberapa kali.
Laili Damayanti ( Sumber : Tabloid Nova )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar